PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL MKB

Penulis harap membaca pedoman penulisan dan mempersiapkan kelengkapan sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Hal-hal yang perlu disiapkan penulis dalam submisi artikel ke sistem ini adalah penulis harap melakukan registrasi/daftar pada website ini. Setelah itu, penulis login dengan username-nya adalah alamat email dan password yang telah diinputkan pada saat registrasi.

Lalu penulis harus meng-upload surat-surat kelengkapan seperti surat pengantar, surat penyataan, dan biodata penulis+lembar pernyatan (digabungkan) dalam bentuk .pdf. (Format dapat di unduh >di sini<). Semua penulis yang terlibat dalam artikel penelitian harap di masukkan ke dalam sistem ini, jurnal ini tidak menerima penulis tunggal. Selain memasukkan artikelnya secara terpisah (judul-daftar pustaka) ke dalam sistem, penulis juga diharuskan untuk meng-upload file artikel aslinya dalam bentuk soft file (termasuk gambar dan tabel) dalam bentuk word (.doc atau .docx) lengkap, mulai dari halaman judul, biodata hingga daftar pustaka. Silahkan download template penulisan MKB di sini > Template MKB <

Tabel/Gambar yang akan di-upload ke sistem ini dikonversikan dahulu dalam format gambar (.jpg, .jpeg, .png, atau .bmp). Tabel dan gambar yang akan dimasukkan ke sistem ini terpisah dari isi artikel. Jumlah Tabel dan atau Gambar maksimal 6 buah.  Jumlah kata yang dimasukkan ke dalam sistem ini adalah 2000 kata (Pendahuluan-Pembahasan).

Untuk Daftar Pustaka harap untuk memperhatikan tata cara penulisannya. Sistem akan menolak secara otomatis apabila tidak sesuai dengan format penulisannya, misalnya tidak ada halaman, volume atau no/issue-nya, atau nama jurnalnya. Pedoman penulisan bisa diunduh di sistem ini atau silahkan membaca pada halaman ini.

Setelah submisi artikel anda berhasil, tunggu konfirmasi dari sekretariat jurnal untuk melakukan proses selanjutnya.

Sebagai informasi bahwa Majalah Kedokteran Bandung saat ini sudah berbayar sebesar Rp500.000 untuk submit artikel dan Rp1.500.000 untuk publikasi artikel.

Alur proses sistem online ini sama seperti proses manual hanya saja diterapkan dalam sebuah manajemen sistem. Penulis tidak lagi memberikan berkas artikelnya (soft file) ke sekretariat namun penulis dapat mengunggahnya  dalam sistem ini.

 

Download >> Template MKB dan Pedoman Penulisan <<

 

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Majalah Kedokteran Bandung (MKB) merupakan majalah publikasi ilmiah yang terbit setiap tiga bulan dengan menggunakan sistem peer review untuk seleksi artikel. Majalah Kedokteran Bandung dapat menerima artikel penelitian asli yang relevan dengan bidang dengan ketentuan sebagai berikut:

Artikel Penelitian
Artikel penelitian asli dalam ilmu kedokteran dasar, terapan, dan kesehatan. Format artikel penelitian terdiri atas halaman judul, abstrak (Indonesia dan Inggris), pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, dan daftar pustaka.

Laporan Kasus
Artikel mengenai kasus dalam bidang ilmu kedokteran dan kesehatan yang perlu disebarluaskan. Format laporan kasus terdiri atas judul, abstrak (Indonesia dan Inggris), pendahuluan, kasus, hasil, pembahasan, dan daftar pustaka.

Petunjuk Umum
Untuk menghindari duplikasi, MKB tidak menerima artikel yang sudah dipublikasikan atau sedang diajukan kepada majalah lain, dengan menandatangani surat pernyataan. Penulis harus memastikan bahwa semua penulis pembantu telah menyetujui. Bila diketahui artikel telah dimuat pada jurnal lain, maka pada MKB edisi selanjutnya artikel akan dianulir. Semua artikel akan dibahas oleh para pakar dalam bidang keilmuan yang sesuai (peer review) dan dewan redaksi. Artikel yang perlu perbaikan dikembalikan kepada penulis. Artikel penelitian harus memperoleh persetujuan komite etik atau mempertimbangkan aspek etika penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan.

Penulisan Artikel
Artikel diketik 2 spasi pada kertas A4, dengan jarak dari tepi kiri dan atas 4 cm serta tepi kanan dan bawah 3 cm. Jumlah halaman maksimal 20 lembar, jenis huruf Times New Roman ukuran 12. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan dimulai dari halaman judul sampai halaman terakhir.

Halaman Judul
Halaman judul berisi judul artikel, nama penulis dengan gelar lengkap, lembaga afiliasi penulis, nama dan alamat korespondensi, nomor telepon, nomor faksimili, serta alamat e-mail. Judul artikel singkat dan jelas. Judul Indonesia maksimal 14 kata atau 200 karakter dan judul Inggris maksimal 140 karakter. 

Abstrak dan Kata Kunci
Abstrak untuk setiap artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Bentuk abstrak tidak terstruktur dengan jumlah maksimal 200 kata untuk bahasa Indonesia dan 250 kata untuk bahasa Inggris. Abstrak ditulis ringkas dan jelas sesuai dengan format introduction, methods, results and discussion (IMRAD). Pilih 3–5 buah kata kunci yang dapat membantu penyusunan indeks dan urutannya berdasarkan abjad.

Tabel
Setiap tabel harus diberi judul singkat. Tempatkan penjelasan dan singkatan pada keterangan tabel, bukan pada judul tabel. Jumlah tabel maksimal 6 buah. Tabel yang akan di upload ke sistem ini dalam dikonversikan dalam format gambar (.jpg, .jpeg, .png atau .bmp)

Foto/Gambar
 Foto orang yang mungkin dapat dikenali harus disertai izin tertulis. Gambar yang pernah dipublikasi harus diberi acuan. Foto/gambar harus diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam teks. Jumlah tabel dan foto/gambar maksimal 6 buah. Gambar yang akan di upload ke sistem ini dalam dikonversikan dalam format gambar (.jpg, .jpeg, .png atau .bmp)

Metode Statistik
Jelaskan metode statistik secara rinci pada bab metode.

Ucapan Terima Kasih
Bila diperlukan ucapan terima kasih dapat diberikan kepada kontributor penelitian.

Daftar Pustaka
Rujukan ditulis sesuai aturan penulisan Vancouver, diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam artikel, bukan menurut abjad. Cantumkan nama penulis maksimal 6 orang, apabila lebih, tulis nama 6 orang pertama, selanjutnya dkk. Jumlah rujukan minimal 10 buah, maksimal 20 buah dari terbitan 10 tahun terakhir, dianjurkan merujuk artikel dari MKB. Rujukan diupayakan 80% dari jurnal dan maksimal 20% dari buku ajar.
Rujukan dari artikel yang sudah diterima dan menunggu penebitan di majalah tertentu harus ditulis “in press”.
Contoh:
Leshner Al. Molecular mechanism of cocaine addiction. N Engl J Med. In press 2011.

Hindarkan rujukan berupa komunikasi pribadi (personal communication) kecuali untuk informasi yang tidak mungkin diperoleh dari sumber umum. Cantumkan nama sumber, tanggal komunikasi, izin tertulis, dan konfirmasi ketepatan sumber komunikasi.

Contoh cara menuliskan rujukan:

Jurnal
Artikel Standar
Langan NP, Pelissier BMM. Gender differences among prisoners in drug treatment. J Subst Abuse. 2011;13(3):291–301.
Rujukan lebih dari 6 penulis
Polanco FR, Dominquez DC, Grady C, Stoll P, Ramos C, Mican JM, dkk. Conducting HIV research in racial and ethnic minority communities: building a successful interdisciplinary research team. J Assoc Nurses AIDS Care. 2011;22(5):388–96.

Suatu Organisasi sebagai Sumber
WHO. Rubella vaccines: WHO position paper-recommendations. Vaccines. 2011;29(48):8767–8.

Tanpa Nama Penulis
Role of diagnostic imaging in early diagnosis and stage determination of rheumatoid arthritis. Clin Calcium. 2011;21(7):949–53.

Artikel Tidak dalam Bahasa Inggris
Budiman A, Hilmanto D, Garna H. Musim hujan sebagai faktor risiko kambuh pada anak penderita sindrom nefrotik sensitif steroid. MKB. 2011;43(3):112–6.

Volume dengan Suplemen
Van Spronsen FJ, Huijbregts SC, Bosch AM, Leuzzi V. Cognitive, neurophysiological, neurological and psychosocial outcomes in early-treated PKU-patients: a start toward standardized outcome measurement across development. Mol Genet Metab. 2011;104 (Suppl 1):S45–51.

Edisi dengan Suplemen
Dietz CA, Nyberg CR. Genital, oral, and anal human papillomavirus infection in men who have sex with men. J Am Osteopath Assoc. 2011;111(3 Suppl 2):S19–25.

Buku dan Monograf Lain
Penulis Perorangan
Gatterman M. Whiplash: a patient centered approach to management. Missouri: Elsevier Mosby; 2011.

Editor (Penyunting) sebagai Penulis
Nriagu J, penyunting. Encyclopedia of enviromental health. Michigan: Elsevier BV; 2011.

Organisasi sebagai Penulis
UNAIDS. Update on the HIV epidemic, 2011. Global HIV/AIDS response – progress report 2011. Geneva: WHO Library Cataloguing Data; 2011.

Bab dalam Buku
Belott PH, Reynolds DW. Permanent pacemaker and implantable cardioverter-defibrillator implantation. Dalam: Ellenbogen K, Wilkoff B, Kay GN, Lau CP, penyunting. Clinical cardiac pacing, defibrillation and resynchronization therapy. Edisi ke-4. Birmingham: Elsevier Inc; 2011. hlm. 443–515.

Prosiding Konferensi
Nicolai T. Homeopathy. Proceedings of the Workshop Alternative Medicines; 2011 November 30; Brussels. Belgium. Belgium: ENVI; 2011.

Makalah dalam Konferensi
Tirilly P, Lu K, Mu X. Predicting modality from text quiries for medical image retrieval. Dalam: Cao Y, Kalpathy-Cramer J, Unay D, penyunting. MM 11. Proceeding of The 2011 International ACM Workshop on Medical Multimedia Analysis and Retrieval; 2011 Nov 28–Dec 01; Arizona, USA. New York: ACM; 2011. hlm. 7–12.

Disertasi
Suprapto. Penjatuhan pidana mati terhadap pelaku tindak pidana narkotika dan psikotropika di Indonesia dalam perspektif hak asasi manusia berdasarkan UUD 1945 [disertasi]. Bandung: Universitas Padjadjaran; 2011.

Materi Elektronik
Artikel Jurnal dalam Format Elektronik
Lipton B, Fosha D. Attachment as a transformative process in AEDP: operationalizing the intersection of attachment theory and affective neuroscience. Journal of Psychotherapy Integration [Online Journal] 2011 [diunduh 25 November 2011]. Tersedia dari: http://www.sciencedirect.com.

 

Redaksi Majalah Kedokteran Bandung
Jalan Prof. Eijkman No. 38 Bandung 40161
Telepon: (022) 2038115 ext 1401/085103039773
Faks: (022) 2030776
e-mail: mkb.fkunpad@gmail.com
website: http://journal.fk.unpad.ac.id/index.php/mkb