PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JAP

Penulis harap membaca pedoman penulisan dan mempersiapkan kelengkapan sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Hal-hal yang perlu disiapkan penulis dalam submisi artikel ke sistem ini adalah penulis harap melakukan registrasi/daftar pada website ini. Setelah itu, penulis login dengan username-nya adalah alamat email dan password yang telah diinputkan pada saat registrasi.

Lalu penulis harus meng-upload surat-surat kelengkapan seperti surat pengantar, surat penyataan, dan biodata penulis+lembar pernyataan (digabungkan) dalam bentuk/format .pdf. (Format surat dapat di unduh dalam sistem ini atau unduh > di sini <). Harap memasukkan semua penulis yang terlibat penelitian ke dalam sistem ini, jurnal ini tidak menerima penulis tunggal. Selain memasukkan artikelnya secara terpisah (judul-daftar pustaka) ke dalam sistem, penulis juga diharuskan untuk meng-upload file artikel aslinya dalam bentuk softfile (sudah termasuk gambar dan tabel) dalam bentuk word (.doc atau .docx) lengkap, mulai dari halaman judul, biodata hingga daftar pustaka.

Tabel/Gambar yang akan di-upload ke sistem ini dikonversikan dahulu dalam format gambar (.jpg, .jpeg, .png, atau .bmp). Tabel dan gambar yang akan dimasukkan ke dalam sistem ini terpisah dari isi artikel. Jumlah kata yang dimasukkan ke dalam sistem ini adalah 2000 kata (Pendahuluan-Pembahasan).

Untuk Simpulan diletakkan pada kolom isian Pembahasan dengan Subjudul Simpulan. Untuk Daftar Pustaka harap untuk memperhatikan tata cara penulisannya. Sistem akan menolak secara otomatis apabila tidak sesuai dengan format penulisannya, misalnya tidak ada halaman, volume atau no/issue-nya, atau nama jurnalnya. Pedoman penulisan bisa diunduh di sistem ini atau silahkan membaca pada halaman ini.

Setelah submisi artikel anda berhasil, tunggu konfirmasi dari sekretariat jurnal untuk melakukan proses selanjutnya.

Alur proses sistem online ini sama seperti proses manual hanya saja diterapkan dalam sebuah manajemen sistem. Penulis tidak lagi memberikan berkas artikelnya (soft file) ke sekretariat namun penulis dapat mengunggahnya dalam sistem ini.

 

Download >> Pedoman Penulisan dan Template JAP <<

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Anestesi Perioperatif (JAP) merupakan jurnal publikasi ilmiah yang terbit setiap tiga bulan dengan menggunakan sistem peer review untuk seleksi artikel. Jurnal Anestesi Perioperatif (JAP) menerima artikel penelitian asli yang relevan dengan bidang anestesiologi dan terapi intensif, laporan kasus anestesi, dengan ketentuan sebagai berikut:

Artikel Penelitian
Artikel penelitian asli di bidang ilmu kedokteran anestesiologi dan terapi intensif (anesthesiology and intensive care). Format artikel penelitian terdiri atas halaman judul dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Pendahuluan, Subjek dan Metode Penelitian, Hasil Penelitian, Pembahasan, Simpulan, dan Daftar Pustaka.

Laporan Kasus
Laporan kasus berisi tulisan mengenai kasus klinik menarik di bidang ilmu kedokteran anestesiologi dan terapi intensif (anesthesiology and intensive care). Format laporan kasus terdiri atas judul dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Pendahuluan, Kasus, Pembahasan, Simpulan, dan Daftar Pustaka.

Editorial
Editorial membahas berbagai masalah di bidang ilmu kedokteran anestesiologi dan terapi intensif (anesthesiology and intensive care) yang menjadi topik hangat di kalangan anestesiologis.

Petunjuk Umum
Untuk menghindari duplikasi, JAP tidak menerima artikel yang sudah dipublikasikan atau sedang diajukan kepada jurnal lain dengan menandatangani surat pernyataan. Penulis harus memastikan bahwa semua penulis pembantu telah menyetujui. Bila diketahui artikel telah dimuat pada jurnal lain, maka pada JAP edisi selanjutnya artikel akan dianulir. Semua artikel akan dibahas oleh para pakar dalam bidang keilmuan yang sesuai (peer review) dan dewan redaksi. Artikel yang perlu perbaikan dikembalikan kepada penulis. Artikel penelitian harus memperoleh persetujuan komite etik atau mempertimbangkan aspek etika penelitian yang dapat dipertanggung jawabkan.

Penulisan Artikel
Naskah diketik pada kertas A4 dengan jarak  kertas  dari  tepi  kiri dan atas 4 cm serta di tepi kanan dan bawah 3 cm, jenis huruf Huruf Times New Roman ukuran 12, isi naskah ditulis dengan spasi rangkap. Jumlah halaman maksimal 20 lembar. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan dimulai dari halaman judul sampai halaman terakhir.


Halaman Judul
Halaman judul berisi judul artikel, nama penulis dengan gelar lengkap, lembaga afiliasi penulis, nama dan alamat korespondensi, nomor telepon, nomor faksimili, serta alamat e-mail. Judul artikel bersifat ringkas, informatif,  dan deskriftif. Judul Indonesia maksimal 14 kata atau 200 karakter dan judul Inggris maksimal 140 karakter. Judul ditulis dengan huruf besar (kapital), istilah bahasa asing ditulis dengan huruf miring (italic).

Abstrak dan Kata Kunci
Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak bersifat konsisten dengan isi artikel dan self explanatory yang meliputi latar belakang penelitian secara ringkas, tujuan, teori, bahan dan metode yang digunakan, hasil temuan, serta simpulan. Abstrak ditulis dalam jarak 1 spasi dengan jumlah kata tidak lebih dari 200 kata untuk abstrak bahasa indonesia dan 250 kata untuk abstrak bahasa inggris yang dilengkapi 3–5 kata kunci yang disusun berdasarkan abjad.

Tabel
Setiap tabel diberi judul singkat dan jelas, sehingga setiap tabel dapat dipandang berdiri sendiri. Tempatkan penjelasan dan singkatan pada keterangan tabel, bukan pada judul tabel. Jumlah tabel maksimal 6 buah. Tabel yang akan di upload ke sistem ini dalam dikonversikan dalam format gambar (.jpg, .jpeg, .png atau .bmp).

Gambar/Foto
Gambar atau foto harus dilengkapi keterangan tulisan pada bagian belakang berisi nomor gambar, nama penulis, dan petunjuk bagian atas gambar. Bila gambar/foto yang mungkin dapat dikenali harus disertai izin tertulis. Gambar yang pernah dipublikasikan harus diberi acuan. Gambar/foto harus diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam teks. Jumlah gambar/foto maksimal 6 buah. Apabila dalam artikel terdapat tabel dan gambar/foto maka jumlah semuanya maksimal 6 buah. Gambar yang akan di upload ke sistem ini dalam dikonversikan dalam format gambar (.jpg, .jpeg, .png atau .bmp).

Ucapan Terima Kasih
Ucapan terima kasih dibuat secara ringkas sebagai ungkapan rasa terima kasih penulis kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penelitian tanpa menuliskan gelar.

Daftar Pustaka
Rujukan ditulis sesuai aturan penulisan Vancouver, diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam artikel, bukan menurut abjad. Cantumkan nama penulis maksimal 6 orang, apabila lebih, tulis nama 6 orang pertama, selanjutnya dkk. Jumlah rujukan minimal 10 buah dan maksimal 20 buah dari terbitan 10 tahun terakhir, dianjurkan merujuk artikel dari JAP. Rujukan diupayakan dari 80% jurnal dan maksimal hanya 20% dari buku ajar atau referensi lainnya.

Jurnal

Artikel Standar
Ramsey BW, Banks-Schlegel S, Accurso FJ, Boucher RC, Cutting GR, Engelhardt JF, dkk. Future directions in early cystic fibrosis lung disease research: an NHLBI workshop report. Am J Respir Crit Care Med. 2012;185(8):887−92.

Volume dengan Supplemen
Hogan DR, Salomon JA. Spline-based modelling of trends in the force of HIV infection, with application to the UNAIDS Estimation and Projection Package. Sex Transm Infect. 2012;(88 Suppl 2):S52−7.

Edisi dengan Suplemen
Offley SC, Coyne E, Horodyski M, Rubery PT, Zeidman SM, Rechtine GR. Randomized trial demonstrates that extended-release epidural morphine may provide safe pain control for lumbar surgery patients. Surg Neurol Int. 2013;4(Suppl 2):S51-7.

Buku dan Monograf Lain
Hensley FA, Martin DE, Gravlee GP. A practical approach to cardiac anesthesia. Edisi ke-5. Philadephia: Lippincott Williams & Wilkins, a Wolters Kluwer; 2013.

Bab dalam Buku
Woods B. Abdominal trauma. Dalam: Lee K, penyunting. The neuro ICU book. China: The McGraw-Hill Companies, Inc; 2012. hlm. 468−81.

Makalah dalam Konferensi
Sitanggang RH. SvO2 monitoring (mixed venous oxygen saturation). Dalam: Indonesian Society of Anesthesiologists and Reanimation (IDSAI) West Java, penyunting. Indonesian Society of Anesthesiologists and Reanimation (IDSAI) West Java. The 5th Indonesia Symposium of Pediatric Anesthesia and Critical Care; 2010 Mei 14-15; Bandung, Indonesia. Bandung: Pediatrik; 2010. hlm 7−12.

Prosiding Konferensi
Indonesian Society of Anesthesiologists and Reanimation (IDSAI) West Java. Proceedings of the 5th Indonesia Symposium of Pediatric Anesthesia and Critical Care; 2010 Mei 14-15; Bandung. Indonesia. Indonesia: IDSAI; 2010.

Disertasi
Maskoen TT. Peran polimorfisme G972A gen IRS-1 terhadap peningkatan kadar IGFBP-1 dan risiko kematian pada penderita sepsis berat dengan hiperglikemia [disertasi]. Bandung: Universitas Padjadjaran; 2009.

Materi Elektronik
Artikel Jurnal dalam Format Elektronik
Reddy VS, Chiruvella S. Clonidine versus tramadol for post spinal shivering during caesarean section: a randomized double blind clinical study. Journal of Obstetric Anaesthesia and Critical Care [Online Journal] 2013 [diunduh 17 Januari 2013]. Tersedia dari http://www.joacc.com.

 


Redaksi Jurnal Anestesi Perioperatif (JAP)
Unit Publikasi Ilmiah dan HKI Fakultas Kedokteran Unpad
Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif
Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran/
Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung
Jalan Pasteur No. 38 Bandung 40161
Telepon: (022) 2038285
Faks: (022) 2038306
E-mail: jap.anestesi@gmail.com
Website: journal.fk.unpad.ac.id/index.php/jap